Nama Pakaian Adat Bali Lengkap dengan Penjelasannya

Pulau Dewata Bali merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang mempunyai kekayaan sangat besar. Bali menjadi destinasi wisata yang sudah terkenal di dunia. Selain keindahan alamnya, Bali juga lekat dengan budayanya yang kaya. Salah satunya pakaian adat Bali. Di mata wisatawan domestik ataupun mancanegara, pakaian ini sudah cukup populer.

Dari pakaian adat yang mempunyai keindahan tersendiri, tentu bisa membedakan keunggulan dari tiap-tiap daerah di Indonesia. Pakaian adat Bali mempunyai nilai filosofis yang menunjukkan makna pakaian itu sendiri. Pada dasarnya pakaian ini berfilosofi kepercayaan pada ajaran Sang Hyang Widhi, yaitu dewa yang diyakini bisa memberikan kegembiraan, kedamaian dan keteduhan bagi umat Hindu.

Pakaian adat selalu mengandung makna yang sangat mendalam mengenai cerminan kebudayaan suatu daerah atau lainnya. Pakaian adat menjadi ciri khas suatu daerah atau suku dari masing masing daerah tersebut. Pastinya dari masing masing pakaian adat selalu ada makna yag terkandung didalamnya.

Jenis-Jenis Pakaian Adat Bali Yang Terkenal

Pakaian adat daerah Bali tidak hanya terdiri dari satu jenis saja. Melainkan ada berbagai jenis pakaian adat yang patut diketahui dan diacungi jempol oleh masyarakat karena keindahannya. Berikut ini nama-nama pakaian adat di Bali yang cukup populer dan terkenal di kalangan masyarakat.

1. Baju Safari

Baju ini merupakan baju adat Bali yang biasa dikenakan kaum laki-laki. Bentuknya seperti kemeja yang dilengkapi kerah dan kancing. Di bagian kiri kanan terdapat saku. Warna pakaian adat Bali ini identik dengan warna putih bersih.

Baca Juga: Pakaian Adat Jawa

2. Udeng

Udeng adalah ikat kepala yang biasa dipakai bersamaan dengan baju adat Bali. Bagi masyarakat Bali itu sendiri, ikat kepala ini begitu spesial. Selain dipakai dengan baju khas Bali, udeng juga bisa dipakai saat masyarakat ingin beribadah di dalam candi.

3. Kamen

Kamen adalah kain bawahan yang dipakai oleh penduduk asli Bali. Bawahan ini hampir sama dengan sarung yang bentuknya persegi menggunakan kain tertentu. Untuk jenis kain kamen dibuat dari bahan yang tipis.

Pria umumnya mengenakan dua lembar kain sebagai bagian bawahan baju adat. Kain bagian dalam disebut kamen, sedangkan bagan luarnya disebut saput yang dipakai dengan cara diikatkan pada selendang.

Untuk kaum wanita, cara menggunakan kamen sedikit berbeda. Kamen ini hanya diikatkan secara melingkar di bagian pinggang dari sisi kiri ke kanan. Setelah itu kamen tinggal diikatkan pada selendang yang dipakai.

4. Kebaya

Sekilas, pakaian adat Bali ini mirip seperti kebaya jawa. Yang membedakannya, kebaya bali mempunyai lengan dan bahu dengan desain yang terbuka. Di bagian tengah dadanya dilengkapi sebuah sabuk. Pakaian ini bisa dipakai untuk menghadiri acara resmi di hari-hari penting.

5. Kemeja putih

Wilayah Bali sebenarnya tidak menerapkan aturan khusus untuk mengenakan baju adat. Yang paling penting, baju yang dikenakan rapi dan sopan. Tapi untuk acara ritual persembahyangan, biasanya para penduduk Bali mengenakan kemeja putih. Warna putih ini mencerminkan warna suci yang lebih sakral.

6. Selendang

Di Bali hampir setiap hari bisa kita temui ritual-ritual keagamaan. Nah, selendang ini merupakan jenis pakaian pengganti pakaian adat untuk melakukan ritual penyembahan. Bagi mereka yang menjalani ritual, selendang mempunyai makna sebagai pengikatan diri dari perbuatan buruk.

Fungsi lain dari selendang adalah menjadi pembatas bagian tubuh atas dan bawah. Ketika wisatawan berkunjung ke Bali, hanya dengan menggunakan selendang saja sudah bisa masuk ke tempat suci. Namun alangkah lebih baik jika mengenakan lengkap dengan pakaian adat Bali.

7. Pusung

Pusung atau sanggul yang digunakan masyarakat Bali berbeda dengan masyarakat Jawa. Terdapat dua jenis pusung yang menjadi pakaian adat Bali yaitu pusung kepupu dan pusung gonjer. Pusung gonjer biasa digunakan oleh wanita yang masih lajang. Sedangkan pusung kepupu dipakai oleh wanita janda.

Beberapa jenis pakaian daerah bali memiliki arti dan makna yang pastinya mencerminkan sebuah budaya dan adat istiadat. Masing masing wilayah secara pasti memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri mengenai ciri khas dan pakaian adat. Pakaian adat lebih dari sekedar pakaian karena memiliki banyak makna.

Ciri Khas Pakaian Adat Bali Sebagai Identitas Budaya

Sebagai identitas budaya yang membedakannya dengan budaya lain pakaian adat Bali mempunyai ciri tersendiri. Ciri khasnya ada pada tradisi cara pemakaiannya atau dilihat dari bentuk fisik pakaian itu sendiri. Dengan ciri khas tersebut, orang yang melihatnya akan semakin tertarik. Berikut ini ciri khas pakaian adat dari Bali.

Keunikan Pakaian Adat Bali

Pakaian adat dari pulau Dewata ini mempunyai ciri khas berupa pakaian unik. Pakaian ini dilengkapi dengan nuansa menjiwai karakter budaya Bali itu sendiri. Antara pria dan wanita, pakaian yang digunakan berbeda. Mulai dari model pakaian, bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan pakaian, sampai aksesoris yang jadi pelengkap nilai estetika pakaian adat tersebut.

Di daerah Bali sendiri, masyarakatnya tidak hanya memakai busana adat dan aksesoris di hari-hari tertentu saja. Bahkan dalam menjalani aktivitas kesehariannya, masyarakat Bali sering mengenakan pakaian adat dan hal ini telah menjadi tradisi di daerahnya. Jika tidak percaya, Anda bisa langsung pergi ke Bali untuk dapat menikmati dan melihat bagaimana tradisi yang masih melekat di daerah sana.

Perilaku Masyarakat Bali Terhadap Pakaian Adatnya

Saat berkunjung kembali ke tempat-tempat tertentu, Anda akan melihat sejumlah masyarakat yang mengenakan pakaian adat terbuka dan pakaian tertutup. Padahal disana sedang tidak ada acara khusus. Kondisi ini semakin menunjukkan bahwa pakaian adat Bali sudah melekat dengan aktivitas kehidupan masyarakatnya. Ciri khas lainnya yaitu nama dari masing-masing pakaiannya.

Nama-nama jenis pakaian adat Bali begitu melekat di jiwa masyarakat. Apalagi masyarakat Bali cukup terkenal dengan keseharian sarat dan unsur-unsur ritual keagamaan yang begitu kental. Bahkan dalam acara keagamaan itu sendiri terdapat baju khusus yang bisa dikenakan.

Beda Pakaian Adat Bali dengan Daerah Lain

Dari semua jenis pakaian adat Bali semuanya sudah terkenal di kalangan wisatawan baik domestik ataupun mancanegara. Jadi tidak heran jika Pulau Dewata ini semakin terkenal sebagai wilayah Indonesia yang kaya akan budaya.

Pakaian adat Bali ada banyak jenis dan ragamnya. Pastinya masing masing pakaian adat tersebut memiliki arti dan makna yang berbeda beda. Bahkan bisa dibilang bahwa masing masing pakaian adat ini memiliki ciri khas yang beragam sekali. Ini sebagai salah satu hal yang membedakan antara pakaian adat suatu daerah dengan daerah lainnya.

Pakaian adat memiliki keunikan yang kadang jarang diketahui banyak orang. Namun, ternyata pakaian adat Bali ini sangat luar biasa dan menarik sekali. Disamping itu ada banyak arti dan makna dari masing-masing pakaian adat. Masing-masing pakaian adat tentu saja mencerminkan dan menyampaikan pesan sebuah kekhasan dari suatu daerah. Semuanya mengandung makna yang sangat mendalam sekali.

Leave a Comment