Daftar Nama Pakaian Adat Jawa Lengkap

Di Indonesia, suku mayoritas yang banyak kita temui salah satunya Jawa. Meskipun Pulau Jawa sudah banyak dihuni oleh sebagian besar keturunan aslinya, keturunan lain masih banyak tersebar ke berbagai pelosok dan pulau-pulau lain. Karena hal ini, budaya Jawa banyak diadopsi dalam kegiatan dan acara penting di masyarakat. Salah satunya penggunaan pakaian adat Jawa.

Pakaian adat ini menjadi salah satu identitas masing masing suku yang ada di dunia ini. Setiap suku pastinya memiliki pakaian adat yang merupakan ciri khas suku tersebut. Apalagi, indonesia memiliki banyak sekali suku dan pakaian adat. Selain identitas, ini menjadi salah satu pembeda antara satu suku dengan suku lainnya.

Jenis-Jenis Pakaian Adat Jawa Di Tiap Provinsi

Setiap provinsi di pulau Jawa mempunyai jenis-jenis pakaian daerah dengan keunikan tersendiri yang patut kita acungi jempol. Berikut ini jenis-jenis pakaian adat Jawa di tiap provinsi yang sudah banyak dikenal masyarakat Indonesia.

Pakaian Adat Jawa Barat

Jawa Barat merupakan provinsi di Pulau Jawa dengan ibukota di Bandung. Suku yang menetap di Jawa Barat mayoritas Sunda. Jenis-jenis pakaian daerah Jawa Barat ini cukup beragam dan mempunyai nilai estetikanya tersendiri. Berikut ini jenis-jenis pakaian adat dari Jawa Barat.

1. Pakaian adat bangsawan

Pakaian adat untuk pria bangsawan terdiri dari jas tutup berbahan beludru warna hitam yang disulam dengan benang emas dilengkapi dengan celana bermotif sama ditambah kain dodot yang bermotif rengreng parang rusak. Pelengkapnya berupa sabuk emas, selop hitam dan bendo.

Untuk pakaian bangsawan wanita adalah kebaya beludru hitam yang disulam benang emas dan kain kebat bermotif rereng. Bagian alas kakinya menggunakan selop berbahan beludru ditambah sulaman manik-manik. Sedangkan aksesorisnya terdiri dari cincin, bros, kalung dan perhiasan lainnya.

2. Pakaian adat kaum menengah

Untuk pria, pakaian yang digunakan adalah baju bedahan putih dan kain kebat bermotif batik dengan alas kakinya sandal tarumpah. Aksesorisnya berupa sabuk, ikat kepala dan arloji rantai emas. Sedangkan untuk wanita mengenakan kebaya dan kain kebat batik bercorak. Aksesoris yang digunakan berupa ikat pinggang, alas kaki dan selendang lengkap dengan perhiasan.

3. Pakaian adat pernikahan

Pakaian pengantin Sukapura, untuk mempelai pria memakai jas tutup warna putih dengan ikat pinggang warna senada. Bawahannya menggunakan kain rereng dan penutup kepala bermotif rereng serta alas kaki berupa selop. Hiasan tambahannya adalah kalung panjang bunga melati lengkap dengan kujang.

Mempelai wanita mengenakan kebaya berukat warna putih dengan bawahan berupa kain rereng eneng. Ikat pinggang yang digunakan berwarna emas lengkap dengan alas kaki selop putih. Hiasannya berupa kalung panjang, perhiasan kilat batu, cincin, bros, gelang giwang dan yang lainnya. Sanggulan rambut ditambah hiasan lima untaian bunga sedap malam dan tujuh kembang goyang.

Pakaian Adat Jawa Timur

Jawa Timur merupakan salah satu provinsi yang berperan penting dalam sejarah bangsa Indonesia. Pakaian daerah dari Jawa Timur mempunyai ciri khasnya tersendiri yang membedakan dengan provinsi lain. Berikut jenis-jenis pakaian adat di Jawa Timur.

1. Odheng Santapan

Pakaian adat Jawa Timur yang pertama, odheng santapan. Odheng santapan merupakan perlengkapan pakaian yang terdiri dari kupluk atau peci dengan desain batik khas Jawa Timur. Salah satunya motif storjoan atau telaga biru. Perlengkapan ini umumnya digunakan oleh kaum laki-laki.

2. Pese’an Madura

Pakaian ini terdiri dari baju luar berwarna hitam dan baju bagian dalam berupa kaos belang dengan warna merah hitam atau merah putih. Untuk bagian celananya berupa celana longgar yang panjangnya sampai mata kaki. Jenis pakaian adat Jawa Timur ini cukup familiar bahkan sudah terkenal ke mancanegara.

3. Odheng Tapogan

Pakaian ini hampir sama dengan odheng santapan. Hanya saja pakaian dari Jawa Timur “odheng tapogan” bisa digunakan oleh laki-laki ataupun perempuan. Bagian pakaiannya ada yang memiliki hiasan cantik berupa ikon bunga dan soga. Soga adalah ikon seperti lidah api yang berwarna merah menyala.

4. Saring Bahan

Pakaian adat Jawa ini dibuat dari material kain sutra dan saring yang terdapat di bagian plekatnya berbahan katun. Warna saringnya tersedia dalam berbagai variasi, dengan dominan warna mencolok seperti kuning keemasan. Pilihan lainnya, warna putih sebagai dasar dan warna biru untuk kotak-kotak.

5. Pakaian Mantenan

Nama pakaian ini merujuk pada pakaian yang dipakai saat acara pernikahan. Jenis pakaian ini sudah dilengkapi dengan arloji rantai, kain selempang, odheng dan aksesoris yang lainnya. Busana mantenan dipakai saat sang mempelai melakukan pernikahan dengan adat dan tata cara Jawa Timur.

Pakaian Adat Jawa Tengah

Pakaian adat dari Jawa Tengah ada banyak jenisnya. Tentu hal ini tidak boleh kita lupakan begitu saja sebagai identitas budaya salah satu provinsi yang ada di Pulau Jawa. Jenis-jenis pakaian daerah dari Jawa Tengah terdiri dari :

1. Batik

Jenis pakaian adat ini sudah terkenal ke kancar luar negeri dengan membawa nama asli budaya dan pakaian dari Indonesia. Batik yang menjadi ikon negara Indonesia ini merupakan pakaian adat Jawa tepatnya Jawa Tengah.

2. Jarik

Jarik adalah kain bermotif batik yang mempunyai beragam corak. Pakain ini mempunyai filosofinya tersendiri yang menunjukkan tingkatan dalam hidup. Dulunya jarik banyak dikenakan oleh kaum wanita muda atau tua untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

3. Surjan

Surjan merupakan pakaian adat dari daerah Jawa Tengah untuk kaum pria. Bentuknya hampir mirip jas yang didesain oleh bangsa Belanda. Letak kancingnya tidak sama seperti jas pada umumnya, yaitu berada di bagian samping.

4. Kebaya

Kebaya Jawa Tengah ini berbeda dengan kebaya dari Jawa Barat. Pakaian adat dari Jawa Tengah ini dibuat dari bahan yang tipis dan jika dikenakan seringkali memperlihatkan bagian kulit. Kebaya biasa dipakai dengan jarik untuk pakaian saat menghadiri pesta pernikahan dan acara lainnya.

Masing masing suku memiliki pakaian adat masing masing. Termasuk dalam hal ini pakaian adat jawa yang beragam. Baik itu dari daerah jawa barat, jawa tengah, ataupun jawa timur. Pakaian adat tersebut berbeda beda dan mencerminkan ciri khas dari masing masing daerah atau suku tersebut. Bisa dibilang sangat unik namun mencerminkan makna dair setiap pakaian adat tersebut.

Suku Jawa memang memiliki banyak keberagaman terkait budaya, adat istiadat hingga pakaian adat yang sangat variatif. Tidak hanya sekedar pakaian adat, namun pastinya pakaian tersebut memiliki makna dan arti yang berbeda beda. Setiap daerah pastinya memiliki ciri khas dan kebudayaan yang beragam.

Keberagaman adat dan budaya di Indonesia memang sangat luar biasa. Masing masing daerah memiliki kebudayaan yang beragam. Namun meskipun begitu keberagaman ini tetap menjadi pemersatu bangsa. Ciri khas pakaian daerah Jawa dan daerah lainnya menjadi sebuah keberagaman yang sangat unik dan menarik.

Leave a Comment